HomeArsipIndex BeritaBerita InternalRAKERNIS BIDANG INFORMASI BAKORKAMLA DI MAKASSAR

RAKERNIS BIDANG INFORMASI BAKORKAMLA DI MAKASSAR

Badan Koordinasi Keamanan Laut (BAKORKAMLA) melaksanakan Rapat Kerja Teknis (Rakernis) Bidang Informasi dengan tema “MELALUI SOSIALISASI PELAKSANAAN PERTUKARAN INFORMASI, KITA WUJUDKAN DAN TINGKATKAN KOORDINASI KEGIATAN DAN PELAKSANAAN TUGAS KEAMANAN, KESELAMATAN SERTA PENEGAKAN HUKUM DI LAUT”. Acara diadakan pada Hari Kamis s.d Jumat, 23 - 24 Februari 2012 di Makassar bertempat di Sahid Jaya Hotel.

Acara ini digelar Bakorkamla dengan maksud untuk mensosialisasikan dan membahas mekanisme pelaksanaan pertukaran informasi dan data terpadu yang nantinya diterapkan dalam koordinasi mengenai keamanan dan keselamatan di laut dalam rangka mendukung tugas pokok dan fungsi penegakan hukum di wilayah laut. Badan Koordinasi Keamanan Laut (BAKORKAMLA) Sasaran pengumpulan informasi terpadu adalah 12 stakeholder Bakorkamla dan instansi lainnya yang juga terkait lautan.

Adapun sumber pengumpulan informasi dan data didapat melalui sumber Internal yang berupa sarana dan prasarana Integrated Maritime Surveillance System (IMSS) atau Bakorkamla Integrated Information System (BIIS) yang dikelola oleh Bakorkamla RI. Dan juga melalui sumber Eksternal, yang berupa sumber lain dengan berbagai bentuk informasi yang ditindaklanjuti.Adapun hasil-hasil pengumpulan informasi dan data tersebut adalah sebagai dasar dalam menerapkan;

ALUR INPUT Melalui Pusat Pertukaran Informasi Kamla Terpadu, maka laporan, informasi dan data yang masuk, kemudian dipadukan, dan dikembalikan ke masing-masing stakeholder Bakorkamla dan instansi terkait lainnya. Kemudian dari pengembalian informasi dan data tersebut, masing-masing stakeholder/instansi dapat melihat penambahan dan kekurangan informasi data yang dimiliki. Kemudian melengkapi serta terus melalui alur serupa, sehingga arus informasi selalu dalam keadaan terbarui (“up to date”). Hasil yang selalu terbarui dan mengalami pengayaan input serta hasil aksi tersebut selalu dapat diakses oleh semua stakeholder/instansi terkait.

ALUR REAKSI & AKSI. Selain itu tindakan atau respon untuk melakukan aksi berupa tindakan cegah tangkal, pemantauan, pengawasan, pengamanan, pemrosesan dan evaluasi terus berjalan seiring beriringan dengan proses Informasi Terpadu tersebut juga diadakan Aksi Terpadu (melaui berbagai macam operasi di atas; OST, OpsGur, Ops Kamla Mandiri/Bersama).

OUTCOME Dengan didukungnya segala macam operasi di atas, dengan keterpaduan informasi dan data, maka diharapkan dapat terwujud keamanan, keselamatan dan tegaknya hukum di wilayah laut Indonesia. PEJABAT BAKORKAMLA yang hadir adalah Kepala Pelaksana Harian (Kalakhar) Bakorkamla: Laksdya TNI Y. Didik Heru Purnomo; Kepala Pusat (Kapus) Informasi, Hukum dan Kerjasama: Laksma Maritim Triyuswoyo;Kepala Pusat (Kapus) Operasi: Laksma TNI Susanto; Kepala Pusat (Kapus) Penyiapan Kebijakan: Brigjen Pol. A.J. Benny Mokalu sedangkan NARASUMBER:Kol. Laut (P) Andi Achdar – Bidang Operasi,Kol. Laut (P) Ruby Alamsyah – Bidang Pengelola IT,MODERATOR: Prof. Dr. Ir. Benhard Sitohang dan PEMAPAR:Letkol Maritim Arif Meidyanto – Ilustrasi dan Simulasi Mekanisme Pertukaran Info & Studi Kasus,Letkol Maritim Panugrah Asyari – Paparan Bakorkamla Protap Mekanisme Pertukaran Informasi

 

PEMBERITAHUAN KEPADA MASYARAKAT

Diberitahukan kepada masyarakat maritim dan pihak

yang berkepentingan dengan Badan Koordinasi Keamanan Laut (Bakorkamla) maupun masyarakat luas,

apabila ada oknum yang mengatasnamakan Bakorkamla yang intinya meminta uang dengan alasan tertentu,

agar diabaikan dan segera laporkan ke 127 dan 021 500500.

HATI-HATI SINDIKAT PENIPU !!!

DIHIMBAU KEPADA SELURUH MASYARAKAT, KHUSUSNYA MASYARAKAT MARITIM UNTUK LEBIH BERHATI-HATI DAN MENINGKATKAN KEWASPADAAN TERHADAP ULAH PERMAINAN SINDIKAT PENIPU DENGAN MODUS OPERANDI SEOLAH-OLAH TELAH DIPERAS OLEH OKNUM PEJABAT ATAU PEGAWAI SUATU INSTANSI DENGAN CARA MENTRANSFER SEJUMLAH UANG KE REKENING OKNUM PEJABAT ATAU PEGAWAI TERTENTU TERSEBUT, GUNA PENYELESAIAN SUATU KASUS. NAMUN SETELAH DITELUSURI TERNYATA NAMA DAN ALAMAT REKENING YANG TERTERA PALSU SERTA NYATA-NYATA BUKAN REKENING OKNUM PEJABAT ATAU PEGAWAI YANG MENURUT MEREKA (SINDIKAT-RED) TELAH MEMERASNYA.

UANG YANG DI TRANSFER TERSEBUT JATUH KEPADA REKENING ANGGOTA DARI SINDIKATNYA SENDIRI. DENGAN BUKTI TRANSFER YANG ADA , ANGGOTA SINDIKAT TERSEBUT MELAPOR KESANA-KEMARI DAN DI BLOW-UP DI MEDIA MASSA, SEHINGGA TERBENTUK OPINI MASYARAKAT YANG NEGATIF.

DISINYALIR MEREKA MERUPAKAN SINDIKAT YANG MENGINGINKAN KEGIATAN ILLEGALNYA DAPAT TERUS BERJALAN LANCAR DENGAN BERBAGAI CARA BERUSAHA MENJATUHKAN SERTA MENJELEKAN INSTANSI-INSTANSI YANG BERWENANG YANG DIPERKIRAKAN DAPAT MENJADI PENGHALANG BAGI KEGIATANNYA DI LAUT. .

CALL CENTER 127

Bakorkamla kedepan akan menjadi lebih dikenal dan disegani oleh seluruh pengguna laut baik lokal maupun internasional…” yang di lauching oleh Ketua Bakorkamla yaitu Bapak Kemenko Polhukam pada acara HUT Bakorkamla ke-5 (05/01/2012). Kutipan kalimat tersebut telah direalisasikan menjadi salah satu agenda tahun ini kegiatan Bakorkamla yakni mensosialisasikan call center 127 di beberapa wilayah.

ALAMAT KANTOR UTAMA

Alamat kantor pusat BAKORKAMLA:

Jl. DR. Sutomo 11, Jakarta 10710

Telp. + 62 21 – 351 9999 Fax. + 62 21 – 3519090