Data Rekap Kecelakaan

Rekapitulasi Kejadian Laut 24 s.d. 30 Januari 2014

Download File Di sini

Ambon: Kapal Motor Obi Star mengangkut 36 penumpang dan 8 anak buah kapal (ABK) diduga hilang di Laut Seram, Maluku. Kapal tersebut berangkat dari Pelabuhan Slamet Riyadi, Ambon, Maluku, Selasa (20/1/2014).

Seharusnya kapal tiba di tujuan terakhir Pulau Obi, Maluku Utara, Rabu (21/1/2015). Namun, hingga hari ini (22/1/2015), kapal tersebut tak jua tampak di dermaga. "KM Obi Star dan penumpangnya belum diketahui. Proses pencarian sementara dilakukan, tapi belum ada perkembangan," kata Komandan Pos Pelabuhan Slamet Riyadi, Ambon, Yongky Malaihollo, di Ambon, Kamis petang.

Yongky menyatakan pihaknya mendapat telepon dari pemilik kapal bernama Ahui, Rabu sore. Ahui mengatakan bahwa mesin kapal mati akibat kehabisan oli. Posisi terakhir kapal berada 20 mil dari Pulau Buano, Kecamatan Makebo, Kabupaten Seram Bagian Barat, Maluku. "Kapal saat itu terombang-ambing dan mereka membutuhkan pertolongan, namun kondisi cuaca sangat baik," kata Yongky.

Dia mengatakan, kapal itu berbobot 89 grosston (GT). Kapal memiliki daya angkut 50 penumpang. Kapal membawa serta kebutuhan pokok dan barang bangunan seperti semen dan besi.

Tim penyelamat langsung bertolak dari Pulau Obi menuju lokasi kontak terakhir keberadaan kapal itu. Selain itu, pihaknya juga sudah menyampaikan informasi kepada kapal-kapal yang melintasi wilayah tersebut untuk membantu melakukan pencarian.

Kantor SAR juga sudah mengerahkan Kapal Motor 226 milik untuk melakukan pencarian KM Obi Star. Namun, hingga hari ini belum ada informasi terkait keberadaan kapal tersebut.

"Operasi SAR untuk mencari kapal sudah kami lakukan. Namun, sejauh ini belum ada tanda-tanda keberadaan kapal. Kami tidak bisa berspekulasi soal keberadaan kapal itu," kata Kepala Kantor SAR Ambon, Suhri Sinaga. 

 

Sumber: news.metrotvnews.com

Berita Internal

Nelayan Sidoarjo Ikuti Sosialisasi Keselamatan Di Laut dan Pendistribusian Life Jacket

Sekitar 40 nelayan mengikuti acara Sosialisasi Keselamatan di Laut dan Pendistribusian Life Jacket pada hari Kamis 29 Januari 2015 di PPI Banjar Kemuning Kecamatan sedate Kabupaten sidoarjo provinsi Jawa Timur. Kegiatan sosialisasi yang  diadakan oleh Badan Keamanan Laut RI (Bakamla) bertujuan untuk memberikan pengetahuan kepada nelayan tradisional tentang penting penggunaan alat keselamatan (life jacket) pada saat melaut.

Read more...
Deputi Jakstra Bakamla Memberikan Pembekalan Kepada Penyidik Bareskrim Polri

Pelaksana Tugas (Plt) Deputi Penyiapan Kebijakan dan Strategi Badan Keamanan Laut, Laksamana Pertama Maritim Drs. Satria F. Maseo., SH., MM, hadir sebagai Narasumber dalam pembekalan terhadap peserta Pelatihan Peningkatan Kemampuan Penyidikan TP Illegal Fishing Bareskrim Polri di Wisma PKBI Jl. Hang Jebat III/F7 Kebayoran Baru Jakarta, 27 Januari 2015.

Read more...
FGD Dumai Sosialisasikan Pembentukan Bakamla

Jakarta, 27 Januari 2015 – Bakamla RI yang memiliki tugas dalam melakukan patroli keamanan dan keselamatan di wilayah perairan Indonesia dan wilayah yurisdiksi Indonesia mengadakan kegiatan Focus Group Discussion (FGD) tentang keamanan laut. Kegiatan ini merupakan kegiatan FGD pertama di tahun 2015, dengan tema Sosialisasi Bakamla Sesuai Amanat Undang-Undang No. 32 Tahun 2014 tentang Kelautan yang diadakan pada 28 Januari 2015 di gedung Sri Bunga Tanjung Dumai, Riau.

Read more...
Nelayan Karangreja Cirebon, Terima Bantuan Pelampung dan Jas Hujan dari Bakamla

Kamis, 22 Januari 2015, Badan Keamanan laut (Bakamla RI) melaksanakan Sosialisasi dan Pembagian Life Jacket terhadap nelayan tradisional di lingkungan PPI Karangreja Kecamatan Suranenggala Kabupaten Cirebon, Jawa Barat. Pembagian jacket pelampung (lifejacket) terhadap sejumlah nelayan tradisional ini merupakan bentuk perhatian pemerintah melalui Bakamla dalam rangka mensosialisasikan pentingnya akan peralatan keamanan dan keselamatan dalam melaut.

Read more...
Kunjungan Kerja PLT Kepala Bakamla ke Menko Kemaritiman

Plt Kepala Badan Keamanan Laut RI ( Ka Bakamla) mengadakan kunjungan kerja ke Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman, Indroyono Soesilo, Rabu (21/1). Dalam kunjungan ini Ka Bakamla didampingi oleh  Plt. Settama Bakamla RI Laksma Maritim Dr. Ir. Dicky R. Munaf.

Read more...
Kunjungan Mr. Mai Van Ninh Ke Bakamla RI

Badan Keamanan Laut RI (Bakamla) menerima kunjungan dari delegasi Commission for Communication & Information (CCI) of the Party Central Committee of the Communist Party of Viet Nam, Rabu (21/1). Delegasi Viet Nam diketuai oleh Mr. Mai Van Ninh selaku wakil ketua CCI Viet Nam.

Read more...
Pangkalan Kapal Patroli Zona Maritim Timur Sosialisaikan Bakamla RI

Sabtu 17 Januari 2015, Pangkalan Kapal Patroli Zona maritim  timur melaksanakan kegiatan sosialisasi Bakamla RI. Selain itu dalam kegiatan ini Bakamla juga mengadakan sosialisasi Cal Center 127 dan 500500 serta pemberian bantuan Life Jacket di daerah Kampung Tengah Kelurahan Amperea RT 04 Kota Masohi Kabupaten Maluku Tengah. Sosialisasi ini diberikan kepada kelompok nelayan Rurseine/jarring bobo, Kelompok nelayang Pole and Line/Motor ikan dan Kelompok Nelayan Bagang Apung. Semua Ini merupakan bentuk perhatian pemerintah melalui Bakamla RI Lebih Khususnya dari Pangkalan Kapal Patroli Zona Maritim Timur dalam rangka mensosialisasikan pentingnya akan peralatan keamanan dan keselamatan di laut.

Read more...
Bersama Tim SAR, Personel Bakamla Evakuasi Penemuan Mayat

Mayat perempuan ditemukan dalam keadaan tengkurap. Kejadian ini terungkap ketika pada pukul 09.00 WIT kantor MRCC  Ambon menerima laporan informasi melalui telepon dari nelayan warga desa Latuhalat. Nelayan tersebut bernama E. Tehupuring. Dari keterangan pelapor diketahui bahwa telah ditemukan seorang mayat perempuan  dalam posisi tengkurap berpakaian baju putih  celana pendek sudah membusuk, mayat tersebut dekat dengan bagang atau ropong ( Rumah Ikan) mereka, jaraknya ±  2 Mil dari bibir pantai Tanjung Alang.

Read more...

Buku Bakamla

  

 

 

 

 

PEMBERITAHUAN KEPADA MASYARAKAT

Diberitahukan kepada masyarakat maritim dan pihak yang berkepentingan dengan Badan Keamanan Laut (Bakamla) maupun masyarakat luas, apabila ada oknum yang mengatasnamakan Bakamla yang intinya meminta uang dengan alasan tertentu, agar diabaikan dan segera laporkan ke 127 dan 021 500500.

Perkiraan Cuaca

Light Rain Shower

24°C

Jakarta

Light Rain Shower

Humidity: 94%

Wind: 4.83 km/h

  • 31 Jan 2015

    Thunderstorms 28°C 23°C

  • 1 Feb 2015

    Thunderstorms 29°C 23°C

Grafik Kecelakaan & Pelanggaran

Stakeholder

Webmail

E-cpns Bakamla

Indokamla

 

Aissat Bakamla

HATI-HATI SINDIKAT PENIPU!!

DIHIMBAU KEPADA SELURUH MASYARAKAT, KHUSUSNYA MASYARAKAT MARITIM UNTUK LEBIH BERHATI-HATI DAN MENINGKATKAN KEWASPADAAN TERHADAP ULAH PERMAINAN SINDIKAT PENIPU DENGAN MODUS OPERANDI SEOLAH-OLAH TELAH DIPERAS OLEH OKNUM PEJABAT ATAU PEGAWAI SUATU INSTANSI DENGAN CARA MENTRANSFER SEJUMLAH UANG KE REKENING OKNUM PEJABAT ATAU PEGAWAI TERTENTU TERSEBUT, GUNA PENYELESAIAN SUATU KASUS. NAMUN SETELAH DITELUSURI TERNYATA NAMA DAN ALAMAT REKENING YANG TERTERA PALSU SERTA NYATA-NYATA BUKAN REKENING OKNUM PEJABAT ATAU PEGAWAI YANG MENURUT MEREKA (SINDIKAT-RED) TELAH MEMERASNYA.

UANG YANG DITRANSFER TERSEBUT JATUH KEPADA REKENING ANGGOTA DARI SINDIKAT ITU SENDIRI. DENGAN BUKTI TRANSFER YANG ADA, ANGGOTA SINDIKAT TERSEBUT MELAPOR KESANA-KEMARI DAN DI BLOW-UP DI MEDIA MASSA, SEHINGGA TERBENTUKLAH OPINI MASSA YANG NEGATIF. 

DISINYALIR MEREKA MERUPAKAN SINDIKAT YANG MENGINGINKAN KEGIATAN ILLEGALNYA DAPAT TERUS BERJALAN LANCAR DENGAN BERBAGAI CARA BERUSAHA MENJATUHKAN SERTA MENJELEKAN INSTANSI-INSTANSI YANG BERWENANG YANG DIPERKIRAKAN DAPAT MENJADI PENGHALANG BAGI KEGIATAN DI LAUT.

Pengunjung Website

Hari ini 140

Kemarin 216

Mingguan 1409

Bulanan 8176

Keseluruhan 53255

Pengumuman Lelang

Rencana Umum Pengadaaan barang dan Jasa tahun 2015

Call Center Bakamla

"Bakamla kedepannya akan semakin dikenal dan dihargai oleh para pengguna jas laut baik secara Lokal maupun Internasional"  pesan dari Kalakhar Bakorkamla pada acara ulang tahun Bakorkamla yang ke - 4 (29 - 12 -2010).  pernyataann ini juga sudah direalisasikan dalam agenda kegiatan Bakorkamla dengan mensosialisasikan Call Center (021) 500-500 dan 127 di beberapa daerah

Kantor Pusat Bakamla RI

Alamat kantor Pusat Bakamla RI

Jl. Dr. Soetomo No. 11 Jakarta 10710

Telp. +62 21 351 9999, Fax. +62 21 351 9090

Badan Koordinasi Keamanan Laut RI