Data Rekap Kecelakaan

Rekapitulasi Kejadian Laut 21 s.d.27 Maret 2015

Download File Di sini

Gencarnya pencegahan kapal nelayan asing masuk ke Indonesia ternyata berbanding terbalik dengan yang terjadi di Aceh.

Aktivitas nelayan asing di perairan Aceh Timur kian meresahkan. Sejumlah nelayan setempat melaporkan selain melakukan penangkapan ikan secara besar-besaran, kapal nelayan asing tersebut juga merusak ratusan tuasan milik nelayan di sepanjang perairan Aceh Timur menggunakan kapal pukat.

“Aksi nelayan asing ini telah terjadi berulang kali terjadi, bahkan berdampak kerugian besar bagi nelayan di sana,” ujar anggota Komisi 1 DPRA Iskandar Usman Al-Farlaky kepada Serambi di Banda Aceh, Kamis (29/1).

Dia menyebutkan dari laporan yang disampaikan nelayan di Aceh Timur aktivitas kapal trawl (pukat) asing semakin merajalela dalam beberapa waktu terakhir.

“Bahkan, kemarin saya dapat informasi satu trawl sudah ditangkap dan kini diamankan pihak keamanan kita. Kita apresiasikan langkah ini, tapi harus ada tindakan tegas, untuk menangkap trawl lainnya yang melakukan penangkapan ikan ilegal di wilayah laut kita,” ungkap politisi Partai Aceh ini.

Menurut Iskandar aktivitas kapal nelayan asing tidak hanya menjaring bibit ikan dan ikan dewasa, tapi juga merusak ratusan tuasan milik nelayan yang selama dijadikan sebagai tempat bernaung ikan.

“Dalam seminggu ratusan tuasan hilang entah kemana. Nelayan terus merugi,” ujarnya mengutip laporan nelayan setempat.

Seperti diketahui tuasan merupakan terumbu karang buatan di areal tangkap nelayan tradisional. Sehingga, dengan adanya tuasan tersebut, ikan-ikan akan dapat berkembang biak kembali di kawasan tangkap nelayan kecil. Tuasan tersebut juga berfungsi membatasi jenis kapal nelayan yang dapat menangkap ikan di kawasan bibir pantai, sehingga kelestarian ikan di bibirpantai dapat terpelihara.

Menurut Iskandar nelayan di Aceh Timur mengaku kewalahan dan takut menghadapi aktivitas nelayan asing di wilayah mereka karena diduga nelayan asing tersebut memiliki senjata api. Terkait teror para nelayan asing di perairan Aceh Timur ini, Iskandar sudah melaporkannya kepada Kapolda Aceh Irjen Pol Husein Hamidi dalam rapat kerja DPRA Selasa (27/1) lalu di ruang rapat Banmus.(sar)

 

Sumber : www.tribunnews.com

Berita Internal

Bahas Isu Kejahatan Maritim, Bakamla Selenggarakan MSDE di Yogyakarta

Yogyakarta, 30 Maret 2015 – Peranan dan nilai laut yang begitu penting merupakan konsentrasi bagi setiap negara untuk menjaga kelestarian dan keamanan wilayah perairan negaranya. Setiap permasalahan yang terjadi di wilayah perairan menjadi konsentrasi bersama di dalam keterkaitan antar satu negara dengan negara lainnya. Dengan banyaknya pelanggaran-pelanggaran yang terjadi, hal ini mendorong negara-negara yang berada pada satu kawasan regional untuk melakukan kerjasama dalam bidang keamanan maritim sebagi bentuk preventive action.

Read more...
Ini Temuan Terbaru Soal Kasus Kapal 'Jumbo' Pencuri Ikan di Papua

Jakarta -Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) terus mencari bukti baru terkait kasus kapal 'jumbo' MV Hai Fa. Kapal asal China berbobot 4.306 Gross Ton (GT) diketahui sengaja mematikan alat satelit deteksi AIS atau Automatic Identification System. AIS digunakan pada kapal laut berbobot di atas 300 GT.

Read more...
Upacara Penyematan Brevet SAR Bakamla

Lima personel Bakamla RI menerima Brevet SAR Grade III dalam Upacara Penyematan Brevet SAR Grade III Bakamla, Senin 30/3/2015 di halaman gedung Bakamla Pusat, jalan Dr. Sutomo no. 11 Jakarta Pusat. Kelima personel tersebut adalah Feri Susandi, Nurdin Jaelani, Arif Dwilaksono, Karisma N dan Usup Supriadi. Sebagai Inspektur Upacara adalah Kasubbid Latihan Letkol Marinir Abriadi dan selaku komandan upacara Lettu Maritim Prabu Airlangga.

Read more...
Dharma Wanita Bakamla Tinjau Perpustakaan MRCC Batam

Pada hari Kamis, tanggal 26 Maret 2015 kantor MRCC Batam menerima Kunjungan Dharma Wanita Bakamla, kunjungan ini dalam rangka untuk meninjau perpustakaan yang berada di kantor MRCC Batam. Rombongan dari Jakarta ini di wakili oleh Ibu Andi Achdar, Ibu Allagan, serta Ibu Demak Lubis dan di dampingi oleh Letda Maritim Enny Parikawati, Letda Maritim Alfriani Klasiningtyas, Saudara Agus Purwanto, Saudari Nurhayati. Kunjungan ini diikuti anak-anak sekolah SD yang rutin mengikuti pelajaran tambahan di perpustakaan kantor MRCC Batam dan juga di hadiri Ibu Kurhyanti Selaku RT 01/RW 07 Kampung Teluk Mata Ikan Nongsa.

Read more...
Dharma Wanita Bakamla Sosiaisasi Kesehatan di Desa Pesisir Tanjung Gunung

Tim Badan Keamanan Laut (Bakamla) yang dipimpin Ibu Darma Wanita Liza Waluyo, berkunjung ke daerah pesisir guna mensosialisasikan tentang kesehatan masyarakat, salah satunya ke Desa Tanjunggunung Pangkalanbaru Bangka Tengah, Rabu (24/3/2015) kemarin.

Read more...
Nelayan Bulurejo Lumajang Terima Bantuan 150 Pelampung dan 75 Jas Hujan dari Bakamla

Sekitar 41 orang nelayan tradisional di lingkungan PPI Bulurejo Desa Bulurejo Kecamatan Tempursari Kabupaten Lumajang Jawa Timur mengikuti acara  Sosialisasi keamanan dan keselamatan dalam melaut serta. Acara yang diselenggarakan oleh Badan Keamanan Lut (Bakamla) trsebut dilaksanakan di Kantor PPI Bulurejo, Kamis 26 Maret 2015.

Read more...
Warga Karimun Antusias Ikuti Bakti Sosial Kesehatan Bakamla RCC Tanjung Balai Karimun

Karimun. Masyarakat di kelurahan Teluk Air, Tanjung Balai Karimun  dengan penuh antusias mengikuti acara bakti sosial kesehatan. Kegiatan ini diselenggarakan oleh Badan Keamanan Laut (Bakamla) RCC Tanjung Balai Karimun, Rabu (23/3) di halaman kantor Bakamla RCC TBK. Antusiasme warga terlihat dari kesungguhan mereka datang untuk mendapatkan pelayanan kesehatan. Sedikitnya 65 warga hadir dan mengikuti penyuluhan, pemeriksaan dan pelayanan pengobatan gratis.  Warga yang hadir terdiri dari kalangan anak-anak, ibu rumah tangga, pekerja hingga lansia.

Read more...
BNN Provinsi Maluku Gelar Deklarasi Gerakan Rehabilitasi 100.000 Penyalahguna Narkoba

Ambon 20 Maret 2015, Wadan III Tim Kamla Ambon Kolonel Maritim I DEWA PUTU G.S menghadiri acara Deklarasi Gerakan Rehabilitasi 100.000 Penyalahgunaan Narkoba yang dilaksanakan di seluruh Wilayah Indonesia yang diselenggarakan oleh Badan Narkotika Nasional Provinsi Maluku (BNNP) di Lapangan Merdeka Kota Ambon.

Read more...

Buku Bakamla

  

 

 

 

 

PEMBERITAHUAN KEPADA MASYARAKAT

Diberitahukan kepada masyarakat maritim dan pihak yang berkepentingan dengan Badan Keamanan Laut (Bakamla) maupun masyarakat luas, apabila ada oknum yang mengatasnamakan Bakamla yang intinya meminta uang dengan alasan tertentu, agar diabaikan dan segera laporkan ke 127 dan 021 500500.

Perkiraan Cuaca

Fog

26°C

Jakarta

Fog

Humidity: 83%

Wind: 4.83 km/h

  • 31 Mar 2015

    PM Thunderstorms 32°C 24°C

  • 1 Apr 2015

    Thunderstorms 29°C 24°C

Grafik Kecelakaan & Pelanggaran

 

Stakeholder

Webmail

E-cpns Bakamla

Indokamla

 

Aissat Bakamla

HATI-HATI SINDIKAT PENIPU!!

DIHIMBAU KEPADA SELURUH MASYARAKAT, KHUSUSNYA MASYARAKAT MARITIM UNTUK LEBIH BERHATI-HATI DAN MENINGKATKAN KEWASPADAAN TERHADAP ULAH PERMAINAN SINDIKAT PENIPU DENGAN MODUS OPERANDI SEOLAH-OLAH TELAH DIPERAS OLEH OKNUM PEJABAT ATAU PEGAWAI SUATU INSTANSI DENGAN CARA MENTRANSFER SEJUMLAH UANG KE REKENING OKNUM PEJABAT ATAU PEGAWAI TERTENTU TERSEBUT, GUNA PENYELESAIAN SUATU KASUS. NAMUN SETELAH DITELUSURI TERNYATA NAMA DAN ALAMAT REKENING YANG TERTERA PALSU SERTA NYATA-NYATA BUKAN REKENING OKNUM PEJABAT ATAU PEGAWAI YANG MENURUT MEREKA (SINDIKAT-RED) TELAH MEMERASNYA.

UANG YANG DITRANSFER TERSEBUT JATUH KEPADA REKENING ANGGOTA DARI SINDIKAT ITU SENDIRI. DENGAN BUKTI TRANSFER YANG ADA, ANGGOTA SINDIKAT TERSEBUT MELAPOR KESANA-KEMARI DAN DI BLOW-UP DI MEDIA MASSA, SEHINGGA TERBENTUKLAH OPINI MASSA YANG NEGATIF. 

DISINYALIR MEREKA MERUPAKAN SINDIKAT YANG MENGINGINKAN KEGIATAN ILLEGALNYA DAPAT TERUS BERJALAN LANCAR DENGAN BERBAGAI CARA BERUSAHA MENJATUHKAN SERTA MENJELEKAN INSTANSI-INSTANSI YANG BERWENANG YANG DIPERKIRAKAN DAPAT MENJADI PENGHALANG BAGI KEGIATAN DI LAUT.

Pengunjung Website

Hari ini 315

Kemarin 222

Mingguan 316

Bulanan 7565

Keseluruhan 67883

Pengumuman Lelang

Rencana Umum Pengadaaan barang dan Jasa tahun 2015

Call Center Bakamla

"Bakamla kedepannya akan semakin dikenal dan dihargai oleh para pengguna jasa laut baik secara Lokal maupun Internasional"  pesan dari Kalakhar Bakorkamla, Laksdya TNI Didik Heru Purnomo pada acara ulang tahun Bakorkamla yang ke - 4 (29 - 12 -2010).  pernyataann ini juga sudah direalisasikan dalam agenda kegiatan Bakorkamla dengan mensosialisasikan Call Center (021) 500-500 dan 127 di beberapa daerah

Kantor Pusat Bakamla RI

Alamat kantor Pusat Bakamla RI

Jl. Dr. Soetomo No. 11 Jakarta 10710

Telp. +62 21 351 9999, Fax. +62 21 351 9090

Badan Koordinasi Keamanan Laut RI