Data Rekap Kecelakaan

Rekapitulasi Kejadian Laut 11 s.d.17 April 2015

Download File Di sini

Gencarnya pencegahan kapal nelayan asing masuk ke Indonesia ternyata berbanding terbalik dengan yang terjadi di Aceh.

Aktivitas nelayan asing di perairan Aceh Timur kian meresahkan. Sejumlah nelayan setempat melaporkan selain melakukan penangkapan ikan secara besar-besaran, kapal nelayan asing tersebut juga merusak ratusan tuasan milik nelayan di sepanjang perairan Aceh Timur menggunakan kapal pukat.

“Aksi nelayan asing ini telah terjadi berulang kali terjadi, bahkan berdampak kerugian besar bagi nelayan di sana,” ujar anggota Komisi 1 DPRA Iskandar Usman Al-Farlaky kepada Serambi di Banda Aceh, Kamis (29/1).

Dia menyebutkan dari laporan yang disampaikan nelayan di Aceh Timur aktivitas kapal trawl (pukat) asing semakin merajalela dalam beberapa waktu terakhir.

“Bahkan, kemarin saya dapat informasi satu trawl sudah ditangkap dan kini diamankan pihak keamanan kita. Kita apresiasikan langkah ini, tapi harus ada tindakan tegas, untuk menangkap trawl lainnya yang melakukan penangkapan ikan ilegal di wilayah laut kita,” ungkap politisi Partai Aceh ini.

Menurut Iskandar aktivitas kapal nelayan asing tidak hanya menjaring bibit ikan dan ikan dewasa, tapi juga merusak ratusan tuasan milik nelayan yang selama dijadikan sebagai tempat bernaung ikan.

“Dalam seminggu ratusan tuasan hilang entah kemana. Nelayan terus merugi,” ujarnya mengutip laporan nelayan setempat.

Seperti diketahui tuasan merupakan terumbu karang buatan di areal tangkap nelayan tradisional. Sehingga, dengan adanya tuasan tersebut, ikan-ikan akan dapat berkembang biak kembali di kawasan tangkap nelayan kecil. Tuasan tersebut juga berfungsi membatasi jenis kapal nelayan yang dapat menangkap ikan di kawasan bibir pantai, sehingga kelestarian ikan di bibirpantai dapat terpelihara.

Menurut Iskandar nelayan di Aceh Timur mengaku kewalahan dan takut menghadapi aktivitas nelayan asing di wilayah mereka karena diduga nelayan asing tersebut memiliki senjata api. Terkait teror para nelayan asing di perairan Aceh Timur ini, Iskandar sudah melaporkannya kepada Kapolda Aceh Irjen Pol Husein Hamidi dalam rapat kerja DPRA Selasa (27/1) lalu di ruang rapat Banmus.(sar)

 

Sumber : www.tribunnews.com

Berita Internal

Peduli Nelayan Tradisional, Bakamla Bagikan Life Jacket di Indramayu

Nelayan di Desa Eretan Wetan Kecamatan Kandang Haur Kabupaten Indramayu mengikuti kegiatan Sosialisasi Keselamatan di Laut dan Pembagian Life Jacket yang diselenggarakan Badan Keamanan Laut RI (Bakamla), Kamis 16 April 2015. Sekitar 48 nelayan tradisional mengikuti kegiatan sosialisasi yang diadakan di PPI Eretan Wetan. Hadir dalam sosialisasi ini antara lain Kepala Bidang Kelautan Dinas Perikanan dan Kelautan Kab. Indramayu Bp. Asep Suryana APi, MP beserta staf, anggota Posmat. TNI AL Eretan, anggota Patwalair Polda Jabar, Syahbandar Hubla, Kepala UPTD PPP Eretan Wetan Ketua KUD Misaya Mina serta perwakilan dari Bakamla, Letda Maritim M Yusuf, Serka Maritim Muhamad Yamin, dan Sdr. Indra Agustira.

Read more...
Kegiatan Bakti Sosial Kesehatan Bakamla RI dalam Rangka Menyambut Hari Kartini Tahun 2015 di Kantor RCC Natuna

Rabu, 15 April 2015, RCC Natuna menyelenggarakan kegiatan Bakti Sosial Kesehatan penyuluhan dan pemeriksaan kesehatan dengan tema“ Kesehatan Masyarakat adalah pilar Keselamatan “. Kegiatan Bakti Sosial ini di ketuai oleh ibu Kepala Bidang Penyiapan Kebijakan dan Kegiatan ( IbuMusrifa ). Dalam kegiatan ini  juga terdapat Demo masak dalam rangka menyambut Hari kartini yang jatuh pada tanggal 21 April 2015.

Read more...
Sosialisasi UU Nomor 32 tahun 2014 tentang Kelautan dan Perpres Nomor 178 tahun 2014 tentang BAKAMLA ( Indonesia Coast Guard )

Badan Keamanan Laut (Bakamla) RI melaksanakan program kegiatan  Forum Koordinasi ( Forkor ) Keamanan Laut yang ke II di Hotel Atanaya Legian Kuta Bali, Kamis, 16 April 2015 dengan tema “ Sosialisasi UU Nomor 32 tahun 2014 tentang Kelautan dan PERPRES Nomor 178 tahun 2014 tentang BAKAMLA ( INDONESIA COUAST GUARD ) “. Kegiatan Forkor ini dibuka oleh Plt KABAKAMLA yg diwakili oleh Plt Deputi Kebijakan dan Strategi BAKAMLA RI Brigjen Pol. Drs Satria Maseo S.H, MM. Adapun narasumber yang memberikan materi yaitu : 1. Bapak Dr. Wicipto Setiadi, SH,MH selaku Dirjen Perundangan-undangan KEMENKUMHAM, 2. Ibu Lidya Silvanna, SH.L.L.M selaku Asisten Deputi Bidang Perekonomian, 3. Irjen Pol. (Purn) Drs. Demak Lubis, MM selaku Pokja BAKAMLA Bidang Hubungan Antar Lembaga, 4. Plt Deputi Opslat BAKAMLA yang diwakili oleh Kolonel Maritim Atmu Edi, selaku Kepala Bidang Komunikasi dan Logistik BAKAMLA dengan Moderator oleh Letkol Maritim M. Ali SH, selaku Pembina RCC KARANGASEM BALI.

Read more...
Bakamla Siapkan Pangkalan Armada Tengah dan Kobangdik di Kalimantan Timur

Dalam rangka memberikan dukungan logistik unsur-unsur operasional, Badan Keamanan Laut (Bakamla) akan menyiapkan Pangkalan Armada Wilayah Tengan yang terletak di Kalimantan Timur tepatnya di Desa Pendingin, Kecamatan Sanga-sanga, Kabupaten Kutai Kertanegara.

Read more...
Plt. Ka Bakamla Hadir Sebagai Narasumber dalam Rapat Terbatas di Wantimpres

Kepala Badan Keamanan Laut Republik Indonesia (Bakamla RI), Laksamana Madya TNI DR. DA. Mamahit, M.Sc, menghadiri undangan Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres) sebagai Narasumber dalam Rapat Terbatas yang dilaksanakan di Gedung Wantimpres, Jalan veteran III No. 2 Jakarta Pusat, Selasa, 14 April 2015.

Read more...
Sinergitas Para Pihak Membangun Perspektif Kelautan Dalam Operasionalisasi Jejaring Kawasan Konservasi Perairan Bali,

Selasa, 14 April 2015, Badan Keamanan Laut Republik Indonesia (Bakamla RI) dan Dinas Kelautan dan Perikanan serta Conservation International (CI) Bali menyelenggarakan kegiatan Semiloka dengan tema “Sinergitas Para Pihak Membangun Perspektif Kelautan Dalam Operasionalisasi Jejaring Kawasan Konservasi Perairan (KKP) Bali, yang dibuka oleh Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan. Dalam acara tersebut, menghadirkan 4 (empat) narasumber antara lain dari Badan Keamanan Laut RI, Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Bali, dan Gabungan Industri Pariwisata Indonesia serta Conservation International Indonesia.

Read more...
Penyegaran Komandan/Nahkoda Kapal Patroli dan Pengawak Satgas ke-43 Tahun 2015

Selasa, 14 April 2015, Badan Keamanan Laut Republik Indonesia mermbuka kegiatan penyegaran dan briefing Nahkoda kapal.  Kegiatan ini bertujuan untuk menyegarkan Nahkoda kembali atas segala peraturan perundang undangan yang berkaitan dengan kemaritiman dan evaluasi pelaksanaan tugas serta mencarikan pemecahan kendala yang di temukan saat melaksanakan tugas.

Read more...
Kejati Maluku Ajak Dialog Bakamla Bahas Vonis Nakhoda Kapal Pencuri Ikan MV Hai Fa

Kejaksaan tinggi Maluku akan melakukan banding atas ke Pengadilan Tinggi Maluku atas putusan pengadilan terhadap terdakwa Zhu Nian Le, nahkoda kapal MV Hai Fa. MV Hai Fa adalah kapal berbendera Panama yang diduga melakukan pencurian ikan di wilayah perairan nasional Indonesia. "Upaya hukum ini bukan karena kami tidak menghormati hukum tapi justru karena kami sangat menghormati hukum,” ungkap Kasi Penkum dan Humas Kejati Maluku, Bobby Palapia dalam keterangan tertulis, Rabu (15/4/2015).

Read more...

Grafik Kecelakaan & Pelanggaran

 

Stakeholder

Webmail

E-cpns Bakamla

Indokamla

 

Aissat Bakamla

HATI-HATI SINDIKAT PENIPU!!

DIHIMBAU KEPADA SELURUH MASYARAKAT, KHUSUSNYA MASYARAKAT MARITIM UNTUK LEBIH BERHATI-HATI DAN MENINGKATKAN KEWASPADAAN TERHADAP ULAH PERMAINAN SINDIKAT PENIPU DENGAN MODUS OPERANDI SEOLAH-OLAH TELAH DIPERAS OLEH OKNUM PEJABAT ATAU PEGAWAI SUATU INSTANSI DENGAN CARA MENTRANSFER SEJUMLAH UANG KE REKENING OKNUM PEJABAT ATAU PEGAWAI TERTENTU TERSEBUT, GUNA PENYELESAIAN SUATU KASUS. NAMUN SETELAH DITELUSURI TERNYATA NAMA DAN ALAMAT REKENING YANG TERTERA PALSU SERTA NYATA-NYATA BUKAN REKENING OKNUM PEJABAT ATAU PEGAWAI YANG MENURUT MEREKA (SINDIKAT-RED) TELAH MEMERASNYA.

UANG YANG DITRANSFER TERSEBUT JATUH KEPADA REKENING ANGGOTA DARI SINDIKAT ITU SENDIRI. DENGAN BUKTI TRANSFER YANG ADA, ANGGOTA SINDIKAT TERSEBUT MELAPOR KESANA-KEMARI DAN DI BLOW-UP DI MEDIA MASSA, SEHINGGA TERBENTUKLAH OPINI MASSA YANG NEGATIF. 

DISINYALIR MEREKA MERUPAKAN SINDIKAT YANG MENGINGINKAN KEGIATAN ILLEGALNYA DAPAT TERUS BERJALAN LANCAR DENGAN BERBAGAI CARA BERUSAHA MENJATUHKAN SERTA MENJELEKAN INSTANSI-INSTANSI YANG BERWENANG YANG DIPERKIRAKAN DAPAT MENJADI PENGHALANG BAGI KEGIATAN DI LAUT.

Pengunjung Website

Hari ini 194

Kemarin 281

Mingguan 1661

Bulanan 4669

Keseluruhan 72858

Pengumuman Lelang

Rencana Umum Pengadaaan barang dan Jasa tahun 2015

Call Center Bakamla

"Bakamla kedepannya akan semakin dikenal dan dihargai oleh para pengguna jasa laut baik secara Lokal maupun Internasional"  pesan dari Kalakhar Bakorkamla, Laksdya TNI Didik Heru Purnomo pada acara ulang tahun Bakorkamla yang ke - 4 (29 - 12 -2010).  pernyataann ini juga sudah direalisasikan dalam agenda kegiatan Bakorkamla dengan mensosialisasikan Call Center (021) 500-500 dan 127 di beberapa daerah

Kantor Pusat Bakamla RI

Alamat kantor Pusat Bakamla RI

Jl. Dr. Soetomo No. 11 Jakarta 10710

Telp. +62 21 351 9999, Fax. +62 21 351 9090

Badan Koordinasi Keamanan Laut RI