Data Rekap Kecelakaan

Rekapitulasi Kejadian Laut 21 s.d. 27 Februari 2015

Download File Di sini

Gencarnya pencegahan kapal nelayan asing masuk ke Indonesia ternyata berbanding terbalik dengan yang terjadi di Aceh.

Aktivitas nelayan asing di perairan Aceh Timur kian meresahkan. Sejumlah nelayan setempat melaporkan selain melakukan penangkapan ikan secara besar-besaran, kapal nelayan asing tersebut juga merusak ratusan tuasan milik nelayan di sepanjang perairan Aceh Timur menggunakan kapal pukat.

“Aksi nelayan asing ini telah terjadi berulang kali terjadi, bahkan berdampak kerugian besar bagi nelayan di sana,” ujar anggota Komisi 1 DPRA Iskandar Usman Al-Farlaky kepada Serambi di Banda Aceh, Kamis (29/1).

Dia menyebutkan dari laporan yang disampaikan nelayan di Aceh Timur aktivitas kapal trawl (pukat) asing semakin merajalela dalam beberapa waktu terakhir.

“Bahkan, kemarin saya dapat informasi satu trawl sudah ditangkap dan kini diamankan pihak keamanan kita. Kita apresiasikan langkah ini, tapi harus ada tindakan tegas, untuk menangkap trawl lainnya yang melakukan penangkapan ikan ilegal di wilayah laut kita,” ungkap politisi Partai Aceh ini.

Menurut Iskandar aktivitas kapal nelayan asing tidak hanya menjaring bibit ikan dan ikan dewasa, tapi juga merusak ratusan tuasan milik nelayan yang selama dijadikan sebagai tempat bernaung ikan.

“Dalam seminggu ratusan tuasan hilang entah kemana. Nelayan terus merugi,” ujarnya mengutip laporan nelayan setempat.

Seperti diketahui tuasan merupakan terumbu karang buatan di areal tangkap nelayan tradisional. Sehingga, dengan adanya tuasan tersebut, ikan-ikan akan dapat berkembang biak kembali di kawasan tangkap nelayan kecil. Tuasan tersebut juga berfungsi membatasi jenis kapal nelayan yang dapat menangkap ikan di kawasan bibir pantai, sehingga kelestarian ikan di bibirpantai dapat terpelihara.

Menurut Iskandar nelayan di Aceh Timur mengaku kewalahan dan takut menghadapi aktivitas nelayan asing di wilayah mereka karena diduga nelayan asing tersebut memiliki senjata api. Terkait teror para nelayan asing di perairan Aceh Timur ini, Iskandar sudah melaporkannya kepada Kapolda Aceh Irjen Pol Husein Hamidi dalam rapat kerja DPRA Selasa (27/1) lalu di ruang rapat Banmus.(sar)

 

Sumber : www.tribunnews.com

Berita Internal

Nelayan Desa Cimanuk Tasikmalaya Terima Bantuan Lifejacket dari Bakamla RI

Nelayan di  Wilayah PPI Cimanuk Desa Cimanuk Kecamatan Cikalong Kabupaten Tasikmalaya Jawa Barat mengikuti acara Sosialisasi Keselamatan di Laut dan Pendistribusian Life Jacket. Kegiatan yang diselenggarakan oleh Badan Keamanan Laut RI pada hari Kamis, 05 Maret 2015 diikuti sekitar 40 nelayan tradisional di Wilayah PPI Cimanuk. melalui sosialisasi ini, Bakamla ingin memberikan rasa aman dan nyaman bagi para nelayan tradisional pada saat mencari ikan di laut. 

Read more...
Deputy Inhuker Hadiri HACGAM ke -11 di Manila

Delegasi Indonesia yang diwakili oleh Badan Keamanan Laut RI (Bakamla RI) menghadiri Workshop Heads of Asian Coast Guard Agencies Meeting (HACGAM) ke -11 di New World Manila Bay Hotel, Filipina. HACGAM ke-11 di Manila mengangkat tema Hazardous and Noxious Substances  (HNS). Acara diselenggarakan dari tanggal 3 - 5 Maret  2015. Delegasi Indonesia dpimpin Laksma Maritim Eko Susilo Hadi, S.H., M.H (Plt. Deputy Informasi Hukum dan Kerja Sama) yang didampingi oleh  Mayor Maritim Andy Apriyanto, Mayor Maritim Leni Marlena H, Mayor Maritim Kartika Pusaka N. 

Read more...
Kunjungan Atase Pertahanan Inggris Ke Bakamla

Badan Keamanan Laut Republik Indonesia (Bakamla RI) menerima kunjungan kehormatan Atase Pertahanan Inggris untuk Indonesia Col. Adrian Campbell Black di kantor pusat Bakamla, Jl. Dr. Sutomo no.11 Jakarta Pusat (27/02/2015). Kunjungan ini  disambut oleh Plt. Kepala Bakamla Laksdya Maritim Dr. Desi Albert Mamahit, M.Sc. yang diwakili oleh Kepala Bidang Komunikasi dan Logistik Kolonel Maritim Atmu Edi Kepala Bidang Penyiapan Kebijakan operasi dan Kolonel Maritim Dwi Kardono.

Read more...
Nelayan Tulungagung Terima Bantuan Life Jacket

Nelayan di Desa Kalibatur Kecamatan Kalidawir Kabupaten Tulungagung mengikuti kegiatan Sosialisasi Keselamatan di Laut dan Pendistribusian Life Jacket. Kegiatan yang diselenggarakan oleh Badan Keamanan Laut RI pada hari Kamis, 26 Februari 2015 diikuti sekitar 30 nelayan tradisional di Tulungagung. melalui sosialisasi ini, Bakamla ingin memberikan rasa aman dan nyaman bagi para nelayan tradisional pada saat mencari ikan di laut. 

Read more...
Personel Bakamla Ikuti Pelatihan Aplikasi Clearance Approval For Indonesia Territory (CAIT)

Badan Keamanan Laut Republik Indonesia (Bakamla RI) mengadakan pelatihan penggunaan aplikasi Clearance Approval For Indonesia Territory (CAIT) yang dilaksanakan di Ruang Puskaodal Kantor Pusat Bakamla, Jalan Dr. Soetomo Jakarta Pusat, Kamis 26/02/2015. Pelatihan E-CAIT ini dibuka oleh Kasubbid Pengelolaan Sistem & TI Bakamla, Letkol Maritim Arief Meidyanto.

Read more...
Bakamla Bahas Sinergitas dan Efektifitas Penanganan Perkara Hukum di Laut

Rapat Koordinasi Advokasi Hukum dan Pelatihan Hukum Laut Bakamla ke-I tahun 2015 di wilayah Zona Maritim Barat yang mengambil tema “Sinergitas dan Efektifitas Penanganan Perkara Hukum di Laut” secara resmi dibuka pada tanggal 24 Februari 2015 di Grand Sakura Hotel Medan, Provinsi Sumatera Utara.  Dalam sambutan pembukaan Kepala Bakamla yang dibacakan oleh Plt. Deputi Inhuker  Bakamla, Laksma Maritim. Eko Susilo Hadi, SH., MH. ditekankan bahwa keberhasilan suatu operasi perlu dibarengi dengan proses penyelesaian hukum terhadap suatu tangkapan dimana hal ini dapat dilaksanakan dengan menggunakan instrumen advokasi hukum yang bertujuan memberikan bantuan hukum berupa saran, pendapat hukum, telaahan, pembelaan dan masukan kepada penyidik dan penuntut umum guna percepatan dan ketepatan dalam menyelesaikan perkara.  Sehingga diharapkan proses penanganan perkara dapat diselesaikan dengan cepat, tepat dan tuntas.  Nantinya tugas tersebut akan diemban oleh Unit Penindakan Hukum Bakamla yang akan dibentuk sesuai amanat Perpres 178 Tahun 2014 tentang Badan Keamanan Laut.

Read more...
Courtesy Call Kepala Staf Angkatan Laut Republik Singapura Ke Bakamla

Badan Keamanan Laut Republik Indonesia (Bakamla) menerima kunjungan kerja dari Kepala Staf Angkatan Laut Singapura, Laksda Lai Chung Han, Selasa (24/2). Delegasi Singapore Navy diterima oleh Plt. Kepala Bakamla laksdya Maritim Dr. D.A. Mamahit, M.Sc. yang diwakili oleh Plt. Deputy Kebijakan dan Strategi, Laksma Maritim Satria F. Maseo, S.H., M.M. yang didampingi oleh para pejabat Bakamla eselon III dan IV di ruang Pusat komando dan Pengendalian (Puskodal) Bakamla.

Read more...
Pengambilan Sumpah dan Janji 37 ASN Bakamla Tahun 2014

Badan Keamanan Laut mengadakan upacara pengambilan Sumpah dan Janji Aparatur Sipil Negara (ASN)  Bakamla tahun 2015. Acara berlangsung di ruang serbaguna di kantor pusat Bakamla Jl. Dr. Sutomo on.11 Jakarta Pusat (23/02/2015).

Sebanyak 37 ASN yang terdiri dari lulusan S2 sebanyak 1 (satu) orang, S1 9 (sembilan) orang, D III 2 (dua) orang dan golongan II A sebanyak 25 orang. Pengambilan sumpah dan janji dihadiri oleh para pejabat eselon III dan IV di lingkungan Bakamla.

Read more...

Buku Bakamla

  

 

 

 

 

PEMBERITAHUAN KEPADA MASYARAKAT

Diberitahukan kepada masyarakat maritim dan pihak yang berkepentingan dengan Badan Keamanan Laut (Bakamla) maupun masyarakat luas, apabila ada oknum yang mengatasnamakan Bakamla yang intinya meminta uang dengan alasan tertentu, agar diabaikan dan segera laporkan ke 127 dan 021 500500.

Perkiraan Cuaca

Partly Cloudy

29°C

Jakarta

Partly Cloudy

Humidity: 74%

Wind: 11.27 km/h

  • 6 Mar 2015

    Partly Cloudy 31°C 23°C

  • 7 Mar 2015

    Thunderstorms 29°C 23°C

Grafik Kecelakaan & Pelanggaran

 

Stakeholder

Webmail

E-cpns Bakamla

Indokamla

 

Aissat Bakamla

HATI-HATI SINDIKAT PENIPU!!

DIHIMBAU KEPADA SELURUH MASYARAKAT, KHUSUSNYA MASYARAKAT MARITIM UNTUK LEBIH BERHATI-HATI DAN MENINGKATKAN KEWASPADAAN TERHADAP ULAH PERMAINAN SINDIKAT PENIPU DENGAN MODUS OPERANDI SEOLAH-OLAH TELAH DIPERAS OLEH OKNUM PEJABAT ATAU PEGAWAI SUATU INSTANSI DENGAN CARA MENTRANSFER SEJUMLAH UANG KE REKENING OKNUM PEJABAT ATAU PEGAWAI TERTENTU TERSEBUT, GUNA PENYELESAIAN SUATU KASUS. NAMUN SETELAH DITELUSURI TERNYATA NAMA DAN ALAMAT REKENING YANG TERTERA PALSU SERTA NYATA-NYATA BUKAN REKENING OKNUM PEJABAT ATAU PEGAWAI YANG MENURUT MEREKA (SINDIKAT-RED) TELAH MEMERASNYA.

UANG YANG DITRANSFER TERSEBUT JATUH KEPADA REKENING ANGGOTA DARI SINDIKAT ITU SENDIRI. DENGAN BUKTI TRANSFER YANG ADA, ANGGOTA SINDIKAT TERSEBUT MELAPOR KESANA-KEMARI DAN DI BLOW-UP DI MEDIA MASSA, SEHINGGA TERBENTUKLAH OPINI MASSA YANG NEGATIF. 

DISINYALIR MEREKA MERUPAKAN SINDIKAT YANG MENGINGINKAN KEGIATAN ILLEGALNYA DAPAT TERUS BERJALAN LANCAR DENGAN BERBAGAI CARA BERUSAHA MENJATUHKAN SERTA MENJELEKAN INSTANSI-INSTANSI YANG BERWENANG YANG DIPERKIRAKAN DAPAT MENJADI PENGHALANG BAGI KEGIATAN DI LAUT.

Pengunjung Website

Hari ini 130

Kemarin 252

Mingguan 1212

Bulanan 1380

Keseluruhan 61698

Pengumuman Lelang

Rencana Umum Pengadaaan barang dan Jasa tahun 2015

Call Center Bakamla

"Bakamla kedepannya akan semakin dikenal dan dihargai oleh para pengguna jasa laut baik secara Lokal maupun Internasional"  pesan dari Kalakhar Bakorkamla, Laksdya TNI Didik Heru Purnomo pada acara ulang tahun Bakorkamla yang ke - 4 (29 - 12 -2010).  pernyataann ini juga sudah direalisasikan dalam agenda kegiatan Bakorkamla dengan mensosialisasikan Call Center (021) 500-500 dan 127 di beberapa daerah

Kantor Pusat Bakamla RI

Alamat kantor Pusat Bakamla RI

Jl. Dr. Soetomo No. 11 Jakarta 10710

Telp. +62 21 351 9999, Fax. +62 21 351 9090

Badan Koordinasi Keamanan Laut RI