HomeArsipIndex BeritaSorotan MediaWaspadai Perairan Bawean Gresik

Waspadai Perairan Bawean Gresik

Gresik (beritajatim.com)- Administrator Pelabuhan (Adpel) Gresik mengingatkan agar kapal barang maupun penumpang yang melintasi perairan Pulau Bawean untuk waspada. Pasalnya, berdasarkan laporan dari Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Tanjung Perak Surabaya, perairan di sekitar Pulau Bawean berpotensi mencapai 3 meter disertai angin kencang.

"Kami sudah memperingatkan agar kapal barang maupun penumpang waspada saat melintas di sekitar perairan Pulau Bawean," kata Kepala Seksi Kepelabuhan Adpel Gresik, Nanang Afadi, Sabtu (27/08/2011).

Menurut Nanang, kendati untuk sementara Adpel Gresik melarang kapal barang berlayar. Kapal penumpang tetap diperbolehkan berlayar tapi dengan catatan jika tinggi gelombang masih 3 meter dan disertai angin kencang, kapal penumpang yang menuju Bawean harus balik lagi ke Pelabuhan Gresik.

"Kapal penumpang sudah diberikan peringatan, kalau terjadi gelombang tinggi langsung balik ke Pelabuhan Gresik agar tidak terjadi korban jiwa," paparnya.

Ditambahkan Nanang, kecepatan kapal barang jauh di bawah kapal penumpang. Pasalnya, kapal penumpang kecepatannya bisa mencapai 17-18 knot per mil, sedangkan kapal barang 6-7 knot per mil.

Sementara itu, Pengawas kapal barang Barokah Jaya, Yajid (60) juga menjelaskan, kapal tidak diizinkan berlayar oleh Administrator Pelabuhan (Adpel) Gresik akibat ombak tinggi ini. "Jika sampai sekarang tetap dilarang berlayar imbasnya harga sembako di Bawean lebih mahal karena pemasok sembako hanya dari Pelabuhan Gresik," tuturnya.

Menanggapi hal ini, Ketua Persatuan Mahasiswa Bawean (PMB), Wahid Zarkasi, mengatakan, seharusnya Pemda Gresik turut mengatasi kelangkaan pangan di Bawean agar tidak berlarut-larut. "Seharusnya Pemkab Gresik menyediakan kapal barang yang besar dapat berlayar saat darurat seperti ini," pungkasnya.

Seperti yang pernah diberitakan, imbas gelombang tinggi dan disertai angin kencang. Sejumlah kapal barang maupun penumpang diminta waspada oleh Adpel Gresik. Pasalnya, akibat cuaca ekstrim menyebabkan dua kapal layar bermotor (KLM) tenggelam di sekitar perairan Pulau Bawean.[dny/ted]

Sumber : http://www.beritajatim.com

 

PEMBERITAHUAN KEPADA MASYARAKAT

Diberitahukan kepada masyarakat maritim dan pihak

yang berkepentingan dengan Badan Koordinasi Keamanan Laut (Bakorkamla) maupun masyarakat luas,

apabila ada oknum yang mengatasnamakan Bakorkamla yang intinya meminta uang dengan alasan tertentu,

agar diabaikan dan segera laporkan ke 127 dan 021 500500.

HATI-HATI SINDIKAT PENIPU !!!

DIHIMBAU KEPADA SELURUH MASYARAKAT, KHUSUSNYA MASYARAKAT MARITIM UNTUK LEBIH BERHATI-HATI DAN MENINGKATKAN KEWASPADAAN TERHADAP ULAH PERMAINAN SINDIKAT PENIPU DENGAN MODUS OPERANDI SEOLAH-OLAH TELAH DIPERAS OLEH OKNUM PEJABAT ATAU PEGAWAI SUATU INSTANSI DENGAN CARA MENTRANSFER SEJUMLAH UANG KE REKENING OKNUM PEJABAT ATAU PEGAWAI TERTENTU TERSEBUT, GUNA PENYELESAIAN SUATU KASUS. NAMUN SETELAH DITELUSURI TERNYATA NAMA DAN ALAMAT REKENING YANG TERTERA PALSU SERTA NYATA-NYATA BUKAN REKENING OKNUM PEJABAT ATAU PEGAWAI YANG MENURUT MEREKA (SINDIKAT-RED) TELAH MEMERASNYA.

UANG YANG DI TRANSFER TERSEBUT JATUH KEPADA REKENING ANGGOTA DARI SINDIKATNYA SENDIRI. DENGAN BUKTI TRANSFER YANG ADA , ANGGOTA SINDIKAT TERSEBUT MELAPOR KESANA-KEMARI DAN DI BLOW-UP DI MEDIA MASSA, SEHINGGA TERBENTUK OPINI MASYARAKAT YANG NEGATIF.

DISINYALIR MEREKA MERUPAKAN SINDIKAT YANG MENGINGINKAN KEGIATAN ILLEGALNYA DAPAT TERUS BERJALAN LANCAR DENGAN BERBAGAI CARA BERUSAHA MENJATUHKAN SERTA MENJELEKAN INSTANSI-INSTANSI YANG BERWENANG YANG DIPERKIRAKAN DAPAT MENJADI PENGHALANG BAGI KEGIATANNYA DI LAUT. .

CALL CENTER 127

Bakorkamla kedepan akan menjadi lebih dikenal dan disegani oleh seluruh pengguna laut baik lokal maupun internasional…” yang di lauching oleh Ketua Bakorkamla yaitu Bapak Kemenko Polhukam pada acara HUT Bakorkamla ke-5 (05/01/2012). Kutipan kalimat tersebut telah direalisasikan menjadi salah satu agenda tahun ini kegiatan Bakorkamla yakni mensosialisasikan call center 127 di beberapa wilayah.

ALAMAT KANTOR UTAMA

Alamat kantor pusat BAKORKAMLA:

Jl. DR. Sutomo 11, Jakarta 10710

Telp. + 62 21 – 351 9999 Fax. + 62 21 – 3519090