HomeArsipIndex BeritaSorotan MediaTNI AL Dukung Keamanan Navigasi dan Keselamatan Pelayaran

TNI AL Dukung Keamanan Navigasi dan Keselamatan Pelayaran

TNI AL dalam hal ini Dinas Hidro-Oseanografi Angkatan Laut (Dishidros) melalui tugas, peran, dan fungsinya senantiasa berupaya menciptakan wilayah perairan Indonesia yang memiliki keamanan navigasi dan keselamatan pelayaran yang baik.

Demikian dikatakan Kepala Dinas Hidro-Oseanografi Angkatan Laut Laksamana Pertama TNI Toto Permanto saat membuka kegiatan seminar sehari tentang kerjasama hidrografi nasional guna terciptanya keamanan navigasi dan keselamatan pelayaran, yang dilaksanakan Dishidros dalam rangka memperingati Hari Hidrografi Dunia, Kamis (21/6), di Mercure Hotel, Ancol, Jakarta Utara.

Dikatakannya, Dishidros merupakan lembaga hidrografi nasional yang bertugas menyelenggarakan pembinaan fungsi dan pelaksanaan kegiatan Hidro-Oseanografi yang meliputi survei, penelitian, pemetaan laut, publikasi, penerapan lingkungan laut, dan keselamatan navigasi pelayaran baik militer ataupun untuk kepentingan umum, serta memberikan jaminan keselamatan navigasi pelayaran di wilayah yurisdiksi nasional. “Dalam peranannya sebagai lembaga hidrografi nasional, Dishidros telah tergabung dengan IHO (International Hydrographic Organization), sejak 18 Oktober 1951, sehingga peta serta informasi yang dihasilkan oleh Dishidros TNI AL telah memiliki standar kualitas internasional,” tegas Kadishidros Laksamana Pertama TNI Toto Permanto.

Menyadari peran penting tersebut, tambah Kadishidros, TNI AL melalui Dishidros telah menetapkan strategic response yaitu, mengembangkan hidrografi militer guna mendukung peperangan laut dan pertahanan, menyediakan peta nautis, dan publikasi navigasi mutakhir untuk kepentingan dan keamanan pelayaran komersil, menjadi sumber informasi badan pemerintah maupun swasta yang bergerak di bidang kelautan dan perminyakan, serta bertanggung jawab teknis terhadap penentuan batas wilayah maritim. “Kami juga telah banyak menerbitkan peta laut dan buku-buku tentang navigasi yang saat ini banyak digunakan oleh kapal-kapal sipil guna keselamatan pelayaran di perairan yurisdiksi nasional Indonesia,” katanya.

Kegiatan seminar sehari yang merupakan puncak dari perayaan Hari Hidrografi Dunia ini, dibuka langsung oleh Kepala Dinas Hidro-Oseanografi Angkatan Laut (Kadishidros) Laksamana Pertama TNI Toto Permanto dengan menghadirkan pembicara yang terkait dengan dunia Hidrografi, antara lain: Kasi Perawatan dan Pemeliharaan Perambuan Direktorat Navigasi Perhubungan Laut Capt. M. Syaiful, Kasubdin Kemaritiman BP Migas Mardiyanto, Direktur Operasi PT PELNI Capt Danie E., dan Kasubdispeta Dishidros Kolonel Laut (P) Samiyono, S.E., M.Si.

Dalam kesempatan yang sama, Kadishidros Laksma TNI Toto Permanto juga memberikan penghargaan serta penganugerahan sebuah Brevet Kehormatan kepada empat orang profesional dalam bidangnya yang dinilai telah memberikan kontribusi luar biasa pada dunia Hidrografi nasional yaitu: Dirjen Hukum dan Perjanjian Internasional Linggawati Hakim, Deputi Bidang Meteorologi BMKG Drs. Tuwanim Mulyono, Peneliti Utama BIG dan Direktur CDBR Unhan Kemhan Dr.Ir. Sobar Sutisna, M.Surv.Sc., serta Ketua Ikatan Surveyor Indonesia Ir. Budhy Andono Soenhadi, M.C.P.

Sumber: tnial.mil.id
 

PEMBERITAHUAN KEPADA MASYARAKAT

Diberitahukan kepada masyarakat maritim dan pihak

yang berkepentingan dengan Badan Koordinasi Keamanan Laut (Bakorkamla) maupun masyarakat luas,

apabila ada oknum yang mengatasnamakan Bakorkamla yang intinya meminta uang dengan alasan tertentu,

agar diabaikan dan segera laporkan ke 127 dan 021 500500.

HATI-HATI SINDIKAT PENIPU !!!

DIHIMBAU KEPADA SELURUH MASYARAKAT, KHUSUSNYA MASYARAKAT MARITIM UNTUK LEBIH BERHATI-HATI DAN MENINGKATKAN KEWASPADAAN TERHADAP ULAH PERMAINAN SINDIKAT PENIPU DENGAN MODUS OPERANDI SEOLAH-OLAH TELAH DIPERAS OLEH OKNUM PEJABAT ATAU PEGAWAI SUATU INSTANSI DENGAN CARA MENTRANSFER SEJUMLAH UANG KE REKENING OKNUM PEJABAT ATAU PEGAWAI TERTENTU TERSEBUT, GUNA PENYELESAIAN SUATU KASUS. NAMUN SETELAH DITELUSURI TERNYATA NAMA DAN ALAMAT REKENING YANG TERTERA PALSU SERTA NYATA-NYATA BUKAN REKENING OKNUM PEJABAT ATAU PEGAWAI YANG MENURUT MEREKA (SINDIKAT-RED) TELAH MEMERASNYA.

UANG YANG DI TRANSFER TERSEBUT JATUH KEPADA REKENING ANGGOTA DARI SINDIKATNYA SENDIRI. DENGAN BUKTI TRANSFER YANG ADA , ANGGOTA SINDIKAT TERSEBUT MELAPOR KESANA-KEMARI DAN DI BLOW-UP DI MEDIA MASSA, SEHINGGA TERBENTUK OPINI MASYARAKAT YANG NEGATIF.

DISINYALIR MEREKA MERUPAKAN SINDIKAT YANG MENGINGINKAN KEGIATAN ILLEGALNYA DAPAT TERUS BERJALAN LANCAR DENGAN BERBAGAI CARA BERUSAHA MENJATUHKAN SERTA MENJELEKAN INSTANSI-INSTANSI YANG BERWENANG YANG DIPERKIRAKAN DAPAT MENJADI PENGHALANG BAGI KEGIATANNYA DI LAUT. .

CALL CENTER 127

Bakorkamla kedepan akan menjadi lebih dikenal dan disegani oleh seluruh pengguna laut baik lokal maupun internasional…” yang di lauching oleh Ketua Bakorkamla yaitu Bapak Kemenko Polhukam pada acara HUT Bakorkamla ke-5 (05/01/2012). Kutipan kalimat tersebut telah direalisasikan menjadi salah satu agenda tahun ini kegiatan Bakorkamla yakni mensosialisasikan call center 127 di beberapa wilayah.

ALAMAT KANTOR UTAMA

Alamat kantor pusat BAKORKAMLA:

Jl. DR. Sutomo 11, Jakarta 10710

Telp. + 62 21 – 351 9999 Fax. + 62 21 – 3519090