HomeArsipIndex BeritaSorotan MediaNELAYAN SIBOLGA GUNAKAN PERALATAN CANGGIH PEMANTAU IKAN

NELAYAN SIBOLGA GUNAKAN PERALATAN CANGGIH PEMANTAU IKAN

Sibolga, Sumut, 12/7 (ANTARA) - Walikota Sibolga HM Syarfi Hutauruk mengatakan, sebahagian nelayan di daerah itu, saat ini banyak menggunakan peralatan canggih untuk pemantau ikan berupa radar maupun GPS (Global Positioning System), sehingga ikan yang terdapat di laut dengan mudah ditangkap.

"Dengan memakai alat yang cukup modern tersebut, seluruh ikan yang berukuran besar dan kecil berada di dasar laut dapat diketahui," katanya di Sibolga, Kamis. Penggunaan alat pendeteksi ikan di laut tersebut, menurut dia, suatu langkah maju yang dicapai nelayan Sibolga.Hal positif seperti ini harus tetap dipertahankan dan dikembangkan, sehingga pendapatan nelayan dapat semakin meningkat.

"Bertambahnya pendapatan nelayan dari hasil menangkap ikan itu, bukan hanya menyejahterakan mereka, tetapi juga memajukan pembangunan perekonomian bagi Kota Sibolga," kata mantan anggota DPR RI dari Fraksi Partai Golkar itu. Dia mengatakan, selama ini para nelayan Sibolga, jika ingin menangkap ikan hanya menggunakan jala atau "jaring", serta alat pancing yang masih tradisional, dan sulit untuk memperoleh hasil tangkapan sesuai yang diharapkan.

Namun, jelasnya, dengan menggunakan GPS atau radar, seluruh ikan yang berkualitas ekspor dapat dilacak di dasar lautan. "Alat pemantau ikan canggih ini, sangat diperlukan bagi nelayan, sehingga mereka tidak perlu capek-capek berkeliling di tengah laut untuk mengetahui keberadaan ikan tersebut dan dimana yang paling banyak," ucap Syarfi.

Lebih lanjut dia mengatakan, peralatan GPS maupun radar itu, dibentuk untuk membantu para nelayan agar semakin mudah mendapatkan ikan di laut. Sehingga hasil tangkapan nelayan Sibolga juga diharapkan bisa berlimpah ruah, misalnya sebelumnya hanya dapat ikan satu atau dua ton, namun dengan adanya alat tersebut, meningkat menjadi dua atau tiga ton ikan segar yang memiliki nilai jual dan ekspor.

"Kita tetap mengharapkan perekonomian nelayan di wilayah Pantai Barat Sumatera Utara agar lebih maju lagi dari tahun-tahun sebelumnya," kata Syarfi. Data yang diperoleh menyebutkan, Kota Sibolga yang jaraknya lebih kurang 350 Km arah Selatan Kota Medan.Secara geografis wilayah Sibolga terletak antara 1 42`1 46` Lintang Utara dan 98 44` - 98 48` Bujur Timur.Kota Sibolga memiliki luas 34,36 kilometer persegi dan terdiri dari daratan hanya 10,77 kilometer persegi, dengan jumlah penduduk 93.207 jiwa.

p>Sumber :iyaa.com

 

PEMBERITAHUAN KEPADA MASYARAKAT

Diberitahukan kepada masyarakat maritim dan pihak

yang berkepentingan dengan Badan Koordinasi Keamanan Laut (Bakorkamla) maupun masyarakat luas,

apabila ada oknum yang mengatasnamakan Bakorkamla yang intinya meminta uang dengan alasan tertentu,

agar diabaikan dan segera laporkan ke 127 dan 021 500500.

HATI-HATI SINDIKAT PENIPU !!!

DIHIMBAU KEPADA SELURUH MASYARAKAT, KHUSUSNYA MASYARAKAT MARITIM UNTUK LEBIH BERHATI-HATI DAN MENINGKATKAN KEWASPADAAN TERHADAP ULAH PERMAINAN SINDIKAT PENIPU DENGAN MODUS OPERANDI SEOLAH-OLAH TELAH DIPERAS OLEH OKNUM PEJABAT ATAU PEGAWAI SUATU INSTANSI DENGAN CARA MENTRANSFER SEJUMLAH UANG KE REKENING OKNUM PEJABAT ATAU PEGAWAI TERTENTU TERSEBUT, GUNA PENYELESAIAN SUATU KASUS. NAMUN SETELAH DITELUSURI TERNYATA NAMA DAN ALAMAT REKENING YANG TERTERA PALSU SERTA NYATA-NYATA BUKAN REKENING OKNUM PEJABAT ATAU PEGAWAI YANG MENURUT MEREKA (SINDIKAT-RED) TELAH MEMERASNYA.

UANG YANG DI TRANSFER TERSEBUT JATUH KEPADA REKENING ANGGOTA DARI SINDIKATNYA SENDIRI. DENGAN BUKTI TRANSFER YANG ADA , ANGGOTA SINDIKAT TERSEBUT MELAPOR KESANA-KEMARI DAN DI BLOW-UP DI MEDIA MASSA, SEHINGGA TERBENTUK OPINI MASYARAKAT YANG NEGATIF.

DISINYALIR MEREKA MERUPAKAN SINDIKAT YANG MENGINGINKAN KEGIATAN ILLEGALNYA DAPAT TERUS BERJALAN LANCAR DENGAN BERBAGAI CARA BERUSAHA MENJATUHKAN SERTA MENJELEKAN INSTANSI-INSTANSI YANG BERWENANG YANG DIPERKIRAKAN DAPAT MENJADI PENGHALANG BAGI KEGIATANNYA DI LAUT. .

CALL CENTER 127

Bakorkamla kedepan akan menjadi lebih dikenal dan disegani oleh seluruh pengguna laut baik lokal maupun internasional…” yang di lauching oleh Ketua Bakorkamla yaitu Bapak Kemenko Polhukam pada acara HUT Bakorkamla ke-5 (05/01/2012). Kutipan kalimat tersebut telah direalisasikan menjadi salah satu agenda tahun ini kegiatan Bakorkamla yakni mensosialisasikan call center 127 di beberapa wilayah.

ALAMAT KANTOR UTAMA

Alamat kantor pusat BAKORKAMLA:

Jl. DR. Sutomo 11, Jakarta 10710

Telp. + 62 21 – 351 9999 Fax. + 62 21 – 3519090