HomeArsipIndex BeritaSorotan MediaKKP Bakal Evaluasi Spesifikasi Teknis Kapal Inka Mina

KKP Bakal Evaluasi Spesifikasi Teknis Kapal Inka Mina

Metrotvnews.com, Jakarta: Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) bakal melakukan evaluasi terhadap spesifikasi teknis kapal Inka Mina. Pasalnya, kapal Inka Mina banyak yang mengalami kerusakan.

"Kami akan melakukan evaluasi spesifikasi teknis," kata Menteri KKP Sharif C Sutardjo dalam Rapat Kerja dengan Komisi IV DPR RI di Gedung DPR RI, Jakarta, Senin (21/1).

Dalam kesempatan tersebut, Komisi IV DPR RI meminta KKP untuk segera melakukan evaluasi terhadap spesifikasi teknis kapal penangkap ikan 30 GT. "Kami tidak menggugat program tapi spesifikasi teknis yang kurang. Jadi, untuk program kapal Inka Mina 2013 harus mengacu pada standar evaluasi itu," kata Ketua Komisi IV DPR RI Romahurmuziy seusai rapat kerja tersebut.

Komisi IV DPR RI menyontohkan, Kapal Inka Mina yang rusak tersebut seperti Kapal Inka Mina 57 di Sumatera Utara yang mengalami kerusakan pada bagian mesin pemompaan BBM April 2012 lalu, empat kapal inka mina rusak dihantam gelombang di Cilacap, dan kapal Inka Mina 328 Lampung yang mati di tengah laut.

Pada kesempatan yang sama, Direktur Jenderal Perikanan Tangkap KKP Heriyanto Marwoto menuturkan, evaluasi akan dilakukan dan program bantuan kapal ini juga akan dilakukan. Namun, menurut Marwoto, seyogianya program bantuan ini ditunda menunggu hasil evaluasi keluar. "Daripada penyerapan rendah lebih baik ditunda," kata Marwoto.

Marwoto menuturkan, untuk tahun ini, pihaknya menargetkan pemberian 125 kapal dengan total anggaran Rp 187,5 miliar.

Bantuan Kapal Inka Mina yang dilakukan KKP merupakan implementasi dari Instruksi Presiden Nomor 01 Tahun 2012 tentang Percepatan Pembangunan Nasional melalui Restrukturisasi Armada Penangkapan Ikan dari ukuran kecil menjadi ukuran menengah besar agar dapat beroperasi ke laut lepas lebih dari 12 mil.

Semua kapal berbahan Fiberglass Reinforcement Plastic (FRP) agar efektif dan efisien dalam beroperasi di laut. Tiap kapal dilengkapi mesin utama berukuran 170 PK, generator set 20 KVA, alat tangkap yang ditentukan sesuai kebutuhan, fish finder, Geography Position System (GPS), serta radio band CB untuk mengirim informasi. Bahkan, kapal juga dapat memberikan informasi dari laut ketika melihat kapal asing ilegal menangkap ikan di perairan Indonesia.

Program bantuan kapal Inka Mina ditargetkan sebanyak 1.000 kapal pada tahun 2010-2014. Total anggaran untuk pengadaan kapal itu sebanyak Rp 1,5 triliun. Hingga tahun 2012 sudah terealisasi sebanyak 521 unit. (Bug/OL-8)

Sumber:metrotvnews.com
 

PEMBERITAHUAN KEPADA MASYARAKAT

Diberitahukan kepada masyarakat maritim dan pihak

yang berkepentingan dengan Badan Koordinasi Keamanan Laut (Bakorkamla) maupun masyarakat luas,

apabila ada oknum yang mengatasnamakan Bakorkamla yang intinya meminta uang dengan alasan tertentu,

agar diabaikan dan segera laporkan ke 127 dan 021 500500.

HATI-HATI SINDIKAT PENIPU !!!

DIHIMBAU KEPADA SELURUH MASYARAKAT, KHUSUSNYA MASYARAKAT MARITIM UNTUK LEBIH BERHATI-HATI DAN MENINGKATKAN KEWASPADAAN TERHADAP ULAH PERMAINAN SINDIKAT PENIPU DENGAN MODUS OPERANDI SEOLAH-OLAH TELAH DIPERAS OLEH OKNUM PEJABAT ATAU PEGAWAI SUATU INSTANSI DENGAN CARA MENTRANSFER SEJUMLAH UANG KE REKENING OKNUM PEJABAT ATAU PEGAWAI TERTENTU TERSEBUT, GUNA PENYELESAIAN SUATU KASUS. NAMUN SETELAH DITELUSURI TERNYATA NAMA DAN ALAMAT REKENING YANG TERTERA PALSU SERTA NYATA-NYATA BUKAN REKENING OKNUM PEJABAT ATAU PEGAWAI YANG MENURUT MEREKA (SINDIKAT-RED) TELAH MEMERASNYA.

UANG YANG DI TRANSFER TERSEBUT JATUH KEPADA REKENING ANGGOTA DARI SINDIKATNYA SENDIRI. DENGAN BUKTI TRANSFER YANG ADA , ANGGOTA SINDIKAT TERSEBUT MELAPOR KESANA-KEMARI DAN DI BLOW-UP DI MEDIA MASSA, SEHINGGA TERBENTUK OPINI MASYARAKAT YANG NEGATIF.

DISINYALIR MEREKA MERUPAKAN SINDIKAT YANG MENGINGINKAN KEGIATAN ILLEGALNYA DAPAT TERUS BERJALAN LANCAR DENGAN BERBAGAI CARA BERUSAHA MENJATUHKAN SERTA MENJELEKAN INSTANSI-INSTANSI YANG BERWENANG YANG DIPERKIRAKAN DAPAT MENJADI PENGHALANG BAGI KEGIATANNYA DI LAUT. .

CALL CENTER 127

Bakorkamla kedepan akan menjadi lebih dikenal dan disegani oleh seluruh pengguna laut baik lokal maupun internasional…” yang di lauching oleh Ketua Bakorkamla yaitu Bapak Kemenko Polhukam pada acara HUT Bakorkamla ke-5 (05/01/2012). Kutipan kalimat tersebut telah direalisasikan menjadi salah satu agenda tahun ini kegiatan Bakorkamla yakni mensosialisasikan call center 127 di beberapa wilayah.

ALAMAT KANTOR UTAMA

Alamat kantor pusat BAKORKAMLA:

Jl. DR. Sutomo 11, Jakarta 10710

Telp. + 62 21 – 351 9999 Fax. + 62 21 – 3519090