HomeArsipIndex BeritaSorotan MediaDua kapal senggolan di Danau Toba, 4 orang dilaporkan hilang

Dua kapal senggolan di Danau Toba, 4 orang dilaporkan hilang

MEDAN-Perhelatan akbar Festival Danau Toba 2013 di pulau Samosir, diwarnai peristiwa tabrakan Kapal Feri Toa Toba I dengan Kapal Motor (KM) Yola, di Danau Toba. Persisnya di Kawasan perairan Tomok, Minggu (8/9) siang, sekitar Pukul 10.30 WIB.

Empat penumpang dinyatakan hilang dan puluhan penumpang mengalami luka-luka.

Menurut informasi yang dihimpun Sumutpos (Grup JPNN), peristiwa tabrakan kapal ini terjadi sekitar 3 Kilo meter dari tepi pantai perairan Tomok, Kabupaten Samosir.

Saat kejadian itu, Kapal Feri Toa Toba dari Pelabuhan Tomok menuju Pelabuhan Alibat, Parapat. Dari arah berlawanan, berangkat juga KM Yola. Kedua kapal yang dijadikan sebagai alat transportasi di Danau Toba ini tabrakan, menghantam bagian labung kapal.

"Ya...telah terjadi tabrakan kapal pariwisata, dimana kronologis kejadian tabrakan kapal Feri Tao Toba I dari Tomok menuju Parapat dengang kapal penumpang Pariwisata KM.Yola dari Parapat menuju Tomok," ungkap Kapolres Samosir, AKBP.Donny Damanik, saat dikonfirmasi langsung kemarin siang.

Dijelaskan, kapal KM.Yola mengalami kapasitas penumpang. "Kapal Yola itu, over kapasitas itu, jadi yang hilang 4 orang, penumpang yang selamat 81 orang, korban selamat sudah dievakuasi,"jelasnya.

Menurut Informasi berkembang, bahwa KM.Yola hanya memiliki kapasitas Penumpang 30 orang. Karena sedang berlangsung Pesta Danau Toba 2013, sehingga penumpang melonjak. Diduga pihak pengelola KM.Yola mengangkut semua penumpang, tanpa melihat keselamatan penumpang.

Korban yang hilang diketahui bernama Uji (23) warga Medan, Sandi (20) warga Marelan Hamparan Perak, Kabupaten Deliserdang, Susiono (30) warga Tanjung Morawa, Kabupaten Deliserdang, dan .Ujang (28) warga Lubuk Pakam, Kabupaten Deliserdang.

Kantor SAR Kota Medan menerjunkan tim untuk mencari 4 korban hilang dalam insiden tabrakan kapal tersebut.

"Sudah kita kirim tim yang beranggotakan 9 personil terdiri dari 6 penyelam dan 3 operator kapal," kata Kepala Seksi Operasional, Basarnas Sumut, Joni Superiadi, kepada wartawan, kemarin sore.

Joni menyebutkan untuk mendukung operasi pencarian dan evakusi korban, seluruh personil ini dibantu dengan peralat yang dimiliki, seperti 2 sea rider (kapal cepat) masing-masing berkekuatan 90 PK dan 40 PK dan perahu karet untuk menyisir lokasi hilangnya korban.

"upaya pencarian akan dilakukan mulai dari titik kejadian hingga melebar radius 300 meter dari lokasi tersebut," ujarnya.

Sumber:jpnn.com
 

PEMBERITAHUAN KEPADA MASYARAKAT

Diberitahukan kepada masyarakat maritim dan pihak

yang berkepentingan dengan Badan Koordinasi Keamanan Laut (Bakorkamla) maupun masyarakat luas,

apabila ada oknum yang mengatasnamakan Bakorkamla yang intinya meminta uang dengan alasan tertentu,

agar diabaikan dan segera laporkan ke 127 dan 021 500500.

HATI-HATI SINDIKAT PENIPU !!!

DIHIMBAU KEPADA SELURUH MASYARAKAT, KHUSUSNYA MASYARAKAT MARITIM UNTUK LEBIH BERHATI-HATI DAN MENINGKATKAN KEWASPADAAN TERHADAP ULAH PERMAINAN SINDIKAT PENIPU DENGAN MODUS OPERANDI SEOLAH-OLAH TELAH DIPERAS OLEH OKNUM PEJABAT ATAU PEGAWAI SUATU INSTANSI DENGAN CARA MENTRANSFER SEJUMLAH UANG KE REKENING OKNUM PEJABAT ATAU PEGAWAI TERTENTU TERSEBUT, GUNA PENYELESAIAN SUATU KASUS. NAMUN SETELAH DITELUSURI TERNYATA NAMA DAN ALAMAT REKENING YANG TERTERA PALSU SERTA NYATA-NYATA BUKAN REKENING OKNUM PEJABAT ATAU PEGAWAI YANG MENURUT MEREKA (SINDIKAT-RED) TELAH MEMERASNYA.

UANG YANG DI TRANSFER TERSEBUT JATUH KEPADA REKENING ANGGOTA DARI SINDIKATNYA SENDIRI. DENGAN BUKTI TRANSFER YANG ADA , ANGGOTA SINDIKAT TERSEBUT MELAPOR KESANA-KEMARI DAN DI BLOW-UP DI MEDIA MASSA, SEHINGGA TERBENTUK OPINI MASYARAKAT YANG NEGATIF.

DISINYALIR MEREKA MERUPAKAN SINDIKAT YANG MENGINGINKAN KEGIATAN ILLEGALNYA DAPAT TERUS BERJALAN LANCAR DENGAN BERBAGAI CARA BERUSAHA MENJATUHKAN SERTA MENJELEKAN INSTANSI-INSTANSI YANG BERWENANG YANG DIPERKIRAKAN DAPAT MENJADI PENGHALANG BAGI KEGIATANNYA DI LAUT. .

CALL CENTER 127

Bakorkamla kedepan akan menjadi lebih dikenal dan disegani oleh seluruh pengguna laut baik lokal maupun internasional…” yang di lauching oleh Ketua Bakorkamla yaitu Bapak Kemenko Polhukam pada acara HUT Bakorkamla ke-5 (05/01/2012). Kutipan kalimat tersebut telah direalisasikan menjadi salah satu agenda tahun ini kegiatan Bakorkamla yakni mensosialisasikan call center 127 di beberapa wilayah.

ALAMAT KANTOR UTAMA

Alamat kantor pusat BAKORKAMLA:

Jl. DR. Sutomo 11, Jakarta 10710

Telp. + 62 21 – 351 9999 Fax. + 62 21 – 3519090