Data Rekap Kecelakaan

Rekapitulasi Kejadian Laut 9 s.d. 15 Mei 2015

Download File Di sini

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Kota Pangkalpinang memprakirakan tinggi gelombang di perairan Selat Karimata, Provisi Kepulauan Bangka Belitung, dua meter pada Senin (23/2) mulai pukul 07.00 WIB.

"Gelombang perairan di daerah itu sudah mulai berangsur normal namun diharapkan bagi nelayan tetap meningkatkan kewaspadaan untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan," kata staf Koordinator Unit Analisis pada Kantor BMKG Pangkalpinang, Evi Diana Prihatiningsih, di Pangkalpinang, Minggu.

Selanjutnya, kata dia, tinggi gelombang itu disertai dengan kecepatan angin berkisar 15-35 kilometer per jam, demikian juga dengan tinggi gelombang di perairan Utara Bangka dua meter, dengan kecepatan angin 16-37 kilometer per jam. 

Sedangkan tinggi gelombang di perairan Selat Bangka dan Selatan Bangka berkisar 1,3 meter, masing-masing dengan kecepatan angin berkisar 13-30 dan 15-33 kilometer per jam, dan tinggi gelombang di perairan Selat Galasa berkisar 1,5 meter dengan kecepatan angin 15-35 kilometer per jam.

"Angin di setiap perairan tersebut dari barat laut ke timur laut," ujarnya.

Sementara itu, kata dia, tinggi pasang air laut Sungailiat, Kabupaten Bangka, berkisar 1,88 meter, di Membalong, Kabupaten Belitung, 1,99 meter dan tinggi pasang air laut di Toboali, Kabupaten Bangka Selatan berkisar 1,68 meter.

Tinggi pasang air di laut Kelapa Kampit, Kabupaten Belitung Timur berkisar 1,43 meter, di Belinyu, Kabupaten Bangka berkisar 1,11 meter, di Muntok, Kabupaten Bangka Barat berkisar 0,91 meter dan di Tanjungpandan, Kabupaten Belitung berkisar 0,96 meter.

Ia mengatakan, seluruh daratan di kota/kabupaten di Kepulauan Babel berpotensi hujan dengan intensitas ringan.

"Seluruh daratan di provinsi itu masih berpotensi hujan dengan intensitas ringan belum ada tanda-tanda hujan akan turun deras," ujarnya. 

 

Sumber : www.antaranews.com

Berita Internal

Bakamla Deklarasikan Alat Utama Sistem Keamanan dan Keselamatan Laut Produk Dalam Negeri

Jakarta, 20 Mei 2015 – Indonesia memiliki kekayaan sumber daya alam laut yang melimpah, hal ini tentunya memunculkan permasalahan yang kompleks di wilayah perairan Indonesia itu sendiri. Berbagai upaya dilakukan untuk tindakan pengamanan, salah satunya melalui solusi teknologi. Untuk mendukung tugas dan fungsi Bakamla RI maka perlu adanya peningkatan terhadap Alat Utama Sistem Keamanan Dan Keselamatan Laut atau Alutsiskamla dalam mendukung Early Warning System yang sudah dimiliki oleh Bakamla RI. Bakamla RI mendeklarasikan Alat Utama Sistem Keamanan Dan Keselamatan Laut produk dalam negeri untuk mendukung Indonesia sebagai Poros Maritim Dunia. Deklarasi ini diselenggarakan pada tanggal 20 Mei 2015 di Ruang Serbaguna Badan Keamanan Laut Republik Indonesia yang akan dilanjutkan dengan kegiatan demonstrasi di Kolam Renang Gelanggang Olahraga Remaja Senen.

Read more...
Sejumlah Nelayan Kupang Antusias Terima Bantuan Alat Keselamatan Melaut dari Bakamla

Badan Keamanan Laut Republik Indonesia (BAKAMLA RI) menyelenggarakan kegiatan Sosialisasi Keamanan dan Keselamatan Pelayaran serta Penyerahan Bantuan jaket pelampung (lifejacket) kepada sejumlah nelayan tradisional di Kupang, 19 Mei 2015. Adapun bantuan yang diserahkan Bakamla kepada nelayan di Kupang berupa 250 unit jaket pelampung dan 75 unit jas hujan. Jaket pelampung dan jas hujan tersebut diserahkan kepada nelayan sebagai bentuk perhatian pemerintah kepada nelayan untuk selalu memperhatikan dan menjaga keselamatan diri ketika dalam melaut.

Read more...
Kepala Bakamla Hadiri Pembukaan Maritime Information-Sharing Exercise (Marisx) di Singapura

Information Fusion Centre (IFC) dan Maritim Security Task Force (MSTF) sebagai Tuan Rumah Marisx15/ex Bell bouy/5th WMSX dari tanggal 18 s.d 22 mei 2015. Latihan ini dilaksanakan oleh Multi-national Operation and Exercise Centre ( MOEC) berlokasi di Command and Control Centre, Changhi Naval Base yang diikuti oleh 22 negara dan 43 Operations Centre di dunia. Pada acara pembukaan dihadiri oleh Kepala Staf TNI Angkatan Laut RI, Laksamana TNI Ade Supandi, SE; Kepala Bakamla RI, Laksamana Madya TNI DR. D.A. Mamahit, M.Sc; Asrena Kasal, Laksamana Muda TNI Agung Pramono, SH., M.Hum; Asops Kasal, Laksamana Muda TNI Arie Henrycus Sembiring; Deputi Opslat Bakamla RI, Laksma Maritim Wuspo Lukito dan Kabid Hukum Bakamla RI, Kolonel Maritim Budi Mulyadi dilanjutkan mengunjungi Opcent Room.

Read more...
Kepala Bakamla Buka Rakernas IJI JU JITSU Indonesia

Kepala Badan Keamanan Laut RI (Ka Bakamla), Laksdya Maritim  Dr. Desi A. Mamahit, MSc. membuka Rakernas IJI Ju Jitsu Indonesia pada tanggal 16 Mei 2015 di Area Barak PBB. Ka Bakamla yang juga tercatat sebagai Ketua Dewan Pembina IJI membuka secara resmi Rapat Kerja Nasional Institut Ju Jitsu Indonesia tahun 2015. Rakernas berlangsung di Aula Universitas Pertahanan Sentul, Bogor.

Read more...
Courtesy Call Kepala Bakamla Ke KBRI Manila

Bersamaan dengan berakhirnya acara HACGAM ke-11, sebelum kembali ke tanah air pada tanggal 5 Mei 2015, delegasi Bakamla melakukan courtesy call ke KBRI Manila. Plt. Kepala Bakamla, Laksdya TNI Dr. DA Mamahit, Msc, didampingi delegasi RI, yaitu Laksma Maritim Satria F. Maseo, S.H., M.H., Laksma TNI Pranyoto,  Kapten Teddy Maynard,  Kompol Suryanto,  Retno Windari, S.H., MSi dan Lettu Maritim Ayu Bulan Tisna, S.H., MSi. Didampingi oleh Atase Pertahanan, Kol. Laut Supardi dan staf KBRI Manila, Duta Besar RI untuk Filipina, Letjen TNI (Purn) Johny J. Lumintang berkenan menerima delegasi RI di Komplek KBRI Manila yang terletak di Makati City, Manila.

Read more...
Delegasi Bakamla Menghadiri HACGAM Ke – 11 di Manila, Filipina

Forum coast guard Asia yang diinisisasi oleh Japan Coast Guard, kembali mengadakan pertemuan tahunan, yaitu High Level Meeting pada Head of Coast Guard Meeting ke – 11 (HACGAM). Tahun ini Manila menjadi tuan rumah pelaksanaan, dengan Philippine Coast Guard sebagai leading sector pelaksanaan kegiatan tersebut. HACGAM ke – 11 ini berlangsung pada 4 – 6 May 2015, bertempat di New World Manila Hotel di Manila Bay, Manila. Dihadiri oleh delegasi dari 18 negara, yaitu Indonesia, Jepang, Malaysia, Brunnei Darusalam, Singapura, Thailand, Vietnam, Republik Rakyat Tiongkok, Hong Kong, Korea Selatan, Filipina, Srilanka, Bangladesh, India, Pakistan, dan Australia.

Read more...
Nelayan Panyaungan Lebak Banten Terima Bantuan Jaket Pelampung dan Jas Hujan dari Bakamla

Sosialisasi dan Distribusi Life Jacket terhadap nelayan tradisional kembali dilaksanakan oleh Badan Keamanan Laut (Bakamla RI) di PPI Panyaungan Desa Ciparahu Kecamatan. Cihara Kabupaten Lebak Banten, Kamis 7 Mei 2015. Dalam sosislisasi tersebut, Bakamla menyerahkan bantuan jaket pelampung sejumlah 150  unit dan 75 unit jas hujan.

Read more...
Bakamla Presentasikan “Enhancing Capacity Building and Regional Networking in Maritime Safety & Security Cooperation” di Durban, Afrika Selatan

Afrika Selatan. Tanggal 45 Mei 2015, bertempat di Coastland Umhlanga Hotel, Durban, Afrika Selatan, telah diselenggarakan The First IORA Blue Economy Core Group Workshop on Promoting Fisheries And Aquaculture and Maritime Safety and Security Cooperation in Indian Ocean Region. Pertemuan ini dihadiri hampir semua anggota IORA, tuan rumah Afrika Selatan serta perwakilan Sekretariat IORA di Mauritius. Delegasi RI dalam pertemuan ini dipimpin oleh Duta Besar RI untuk Afrika Selatan, Suprapto Martosetomo dengan beranggotakan pejabat/staf dari Direktorat Jenderal Asia Pasifik dan Afrika Kementerian Luar Negeri,,LIPI dan Badan Keamanan Laut RI (Bakamla).

Read more...

Buku Bakamla

  

 

 

 

 

PEMBERITAHUAN KEPADA MASYARAKAT

Diberitahukan kepada masyarakat maritim dan pihak yang berkepentingan dengan Badan Keamanan Laut (Bakamla) maupun masyarakat luas, apabila ada oknum yang mengatasnamakan Bakamla yang intinya meminta uang dengan alasan tertentu, agar diabaikan dan segera laporkan ke 127 dan 021 500500.

Perkiraan Cuaca

Partly Cloudy

31°C

Jakarta

Partly Cloudy

Humidity: 49%

Wind: 19.31 km/h

  • 23 May 2015

    Sunny 33°C 23°C

  • 24 May 2015

    Partly Cloudy 34°C 23°C

Grafik Kecelakaan & Pelanggaran

 

Stakeholder

Webmail

E-cpns Bakamla

Indokamla

 

Aissat Bakamla

HATI-HATI SINDIKAT PENIPU!!

DIHIMBAU KEPADA SELURUH MASYARAKAT, KHUSUSNYA MASYARAKAT MARITIM UNTUK LEBIH BERHATI-HATI DAN MENINGKATKAN KEWASPADAAN TERHADAP ULAH PERMAINAN SINDIKAT PENIPU DENGAN MODUS OPERANDI SEOLAH-OLAH TELAH DIPERAS OLEH OKNUM PEJABAT ATAU PEGAWAI SUATU INSTANSI DENGAN CARA MENTRANSFER SEJUMLAH UANG KE REKENING OKNUM PEJABAT ATAU PEGAWAI TERTENTU TERSEBUT, GUNA PENYELESAIAN SUATU KASUS. NAMUN SETELAH DITELUSURI TERNYATA NAMA DAN ALAMAT REKENING YANG TERTERA PALSU SERTA NYATA-NYATA BUKAN REKENING OKNUM PEJABAT ATAU PEGAWAI YANG MENURUT MEREKA (SINDIKAT-RED) TELAH MEMERASNYA.

UANG YANG DITRANSFER TERSEBUT JATUH KEPADA REKENING ANGGOTA DARI SINDIKAT ITU SENDIRI. DENGAN BUKTI TRANSFER YANG ADA, ANGGOTA SINDIKAT TERSEBUT MELAPOR KESANA-KEMARI DAN DI BLOW-UP DI MEDIA MASSA, SEHINGGA TERBENTUKLAH OPINI MASSA YANG NEGATIF. 

DISINYALIR MEREKA MERUPAKAN SINDIKAT YANG MENGINGINKAN KEGIATAN ILLEGALNYA DAPAT TERUS BERJALAN LANCAR DENGAN BERBAGAI CARA BERUSAHA MENJATUHKAN SERTA MENJELEKAN INSTANSI-INSTANSI YANG BERWENANG YANG DIPERKIRAKAN DAPAT MENJADI PENGHALANG BAGI KEGIATAN DI LAUT.

Pengunjung Website

Hari ini 33

Kemarin 268

Mingguan 1529

Bulanan 5785

Keseluruhan 81986

Pengumuman Lelang

Rencana Umum Pengadaaan barang dan Jasa tahun 2015

Call Center Bakamla

"Bakamla kedepannya akan semakin dikenal dan dihargai oleh para pengguna jasa laut baik secara Lokal maupun Internasional"  pesan dari Kalakhar Bakorkamla, Laksdya TNI Didik Heru Purnomo pada acara ulang tahun Bakorkamla yang ke - 4 (29 - 12 -2010).  pernyataann ini juga sudah direalisasikan dalam agenda kegiatan Bakorkamla dengan mensosialisasikan Call Center (021) 500-500 dan 127 di beberapa daerah

Kantor Pusat Bakamla RI

Alamat kantor Pusat Bakamla RI

Jl. Dr. Soetomo No. 11 Jakarta 10710

Telp. +62 21 351 9999, Fax. +62 21 351 9090

Badan Koordinasi Keamanan Laut RI